Senin, 13 Februari 2012

Semi injeksi


Semi injeksi
Keihin FCR-i…Semi injeksinya Ninja ZX-RR motoGp.
gambar di atas, terjadi turbolensi didepan katup kupu-kupu. Masih ingatkan brader dengan kawasaki ZX-RR 800cc yang ditunggangi marco melandri, dan juga ZX-RR 990cc yang membawa Garry McCoy menjuarai seri Gp China beberapa tahun yang lalu. Memang turunnya kawasaki di motoGp tidaklah ada gebrakan yang berart, malahan terkesan sebagi pelengkap saja. Namun ada satu yang tidak bisa dilupakan dalam ZX-RR 990cc, yaitu sistem semi injeksi yang terpasang dimesinnya. mungkin hanya sedikit kalangan yang tau jika Keihin FCR ada yang bersistem semi injeksi, yang artinya setengah sistem injeksi dan setengah sistem karburator. Teknologi karburasi dari Keihin ini disebut juga dengan Keihin FCR-i, yaitu gabungan antara keunggulan karburator dengan keunggulan sistem injeksi. Keunggulan dari karburator ada pada bukaan skep penuh, kala putaran atas saat skep terbuka penuh maka tidak ada lagi yang menghalangi debit udara yang masuk. Beda dengan sistem injeksi normal yang memakai katup kupu-kupu, saat bukaan penuh akan terjadi turbolensi didepan katup itu sendiri sehingga mengganggu aliran udara yang masuk. Sedangkan keunggulan injeksi semua orang sudah pada tau, jadi tidak perlulah diulas. untuk lebih jelasnya mengenai sistem FCR-i ini bisa dilihat pada hasil Jepretan SLR diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar