Semi
injeksi
Keihin
FCR-i…Semi injeksinya Ninja ZX-RR motoGp.
gambar di atas, terjadi turbolensi didepan katup
kupu-kupu. Masih ingatkan brader dengan kawasaki ZX-RR 800cc yang ditunggangi
marco melandri, dan juga ZX-RR 990cc yang membawa Garry McCoy menjuarai seri Gp
China beberapa tahun yang lalu. Memang turunnya kawasaki di motoGp tidaklah ada
gebrakan yang berart, malahan terkesan sebagi pelengkap saja. Namun ada satu
yang tidak bisa dilupakan dalam ZX-RR 990cc, yaitu sistem semi injeksi yang
terpasang dimesinnya. mungkin hanya sedikit kalangan yang tau jika Keihin FCR
ada yang bersistem semi injeksi, yang artinya setengah sistem injeksi dan
setengah sistem karburator. Teknologi karburasi dari Keihin ini disebut juga
dengan Keihin FCR-i, yaitu gabungan antara keunggulan karburator dengan
keunggulan sistem injeksi. Keunggulan dari karburator ada pada bukaan skep
penuh, kala putaran atas saat skep terbuka penuh maka tidak ada lagi yang
menghalangi debit udara yang masuk. Beda dengan sistem injeksi normal yang
memakai katup kupu-kupu, saat bukaan penuh akan terjadi turbolensi didepan
katup itu sendiri sehingga mengganggu aliran udara yang masuk. Sedangkan
keunggulan injeksi semua orang sudah pada tau, jadi tidak perlulah diulas.
untuk lebih jelasnya mengenai sistem FCR-i ini bisa dilihat pada hasil Jepretan
SLR diatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar